Sabtu, 18 September 2010

RPP PAI SMA KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.26






















DISUSUN OLEH :


NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.26

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. QS. Al Kaafiruun
2. QS. Yunus 40-41
3. QS. Al-Kahfi 29
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 26. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi

Kompetensi Dasar : 26.1. Membaca QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
26.2. Menjelaskan arti QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
26.3. Membiasakan perilaku bertoleransi seperti yang terkandung dalam QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29

Indikator : o membaca QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o mengidentifikasi QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29 dengan benar.
o mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o mengartikan ayat QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o menterjemahkan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
o menunjukkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. membaca QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
2. mengidentifikasi QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29 dengan benar.
3. mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
4. mengartikan ayat QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
5. menterjemahkan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus yat 40-41, QS. Al-Kahfi ayat 29
6. mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS.Yunus 40-41, QS. Al-Kahfi 29
7. mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus 40-41, QS. Al-Kahfi 29
8. menunjukkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafirun, QS. Yunus 40-41, QS. Al-Kahfi 29

II. MATERI POKOK
- QS. Al-Kafirun,
- QS. Yunus yat 40-41,
- QS. Al-Kahfi ayat 29

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban










































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10



Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik



Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No. 27
























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010






SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.27

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. QS. Al Mujadalah 11
2. QS. Al Jumu’ah 9 -10
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 27. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja


Kompetensi Dasar : 27.1. Membaca QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
27.2. Menjelaskan arti QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
27.3. Membiasakan ber etos kerja seperti terkandung dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10

Indikator : o membaca QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10 dg benar
o mengidentifikasi tajwid QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o mengartikan ayat QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o menterjemahkan ayat QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
o menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. membaca QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10 dg benar
2. mengidentifikasi tajwid QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
3. mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
4. mengartikan ayat QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
5. menterjemahkan ayat QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
6. mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah 11 dan QS. Al-Jumu’ah 9-10
7. mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10
8. menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan QS. Al-Jumu’ah 9-10

II. MATERI POKOK
- QS. Al-Mujadalah ayat 11 dan
- QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1








60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban











































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5



Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.28
























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010






SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.28

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. Iman kepada hari akhir
2. Hikmah beriman kepada hari akhir
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 28. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir

Kompetensi Dasar : 28.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
Kepada hari akhir.
28.2. Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir.

Indikator : o Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari akhir
o Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
o Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
o Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
o Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
o Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
2. Siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
3. Siswa dapat menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
4. Siswa dapat mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
5. Siswa dapat menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.

II. MATERI POKOK
Iman kepada Hari Akhir
A. Pengertian
B. Tanda-tanda beriman kepada Hari Akhir
C. Hikmah beriman kepada Hari Akhir

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir.
- Motivasi : Beriman kepada hari akhir harus dibuktikan dengan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- Menyimak penjelasan guru ttg perilaku yang merupakan cerminan keimanan kepada hari akhir
- Mengidentifikasi dan menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir
- Membuat laporan hasil identifikasi (tugas)

60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : Hikmah beriman kepada Hari akhir.
- Motivasi : Dengan mengimani hari akhir akan menimbulkan hikmah yang positif bagi diri kita.
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- Menyimak penjelasan hikmah beriman kepada hari akhir
- Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir
- Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada hari akhir
60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’

V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban
















1.. Jelaskan perilaku yang mencerminkan beriman kepada hari akhir
2. Sebutkan beberapa hikmah beriman kepada hari akhir dan jelaskan

Soal Praktek :
3. Berikan laporan tentang perilaku anda dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan beriman kepada hari akhir.

1..Perilaku yang dapat mencerminkan iman kepada hari akhir diantaranya, selalu berhat-hati dalam berlaku, selalu optimis menghadapi masa depan dan lebih giat menambah kebajikan.
2. Sebagai pengendali nafsu angkara, Sebagai petunjuk agar sntiasa berhati-hati
Petunjuk jalan menuju kebenaran, Menumbuhkan tanggung jawab, Menyadarkan manusia agar jangan lupa diri di dunia



3.. Adanya laporan siswa tentang perilaku yang dilakukan yang menunjukkan beriman kepada
Hari akhir.






C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 5 V V V
2 5 V V V
3 V V


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.29
























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010






SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.29

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Adil, Ridha dan amal sholeh
1. Pengertian adil, ridha dan amal shaleh.
2. Contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh.
3. Pembiasaan perilaku adil, ridha dan amal shaleh.
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 29. Membiasakan perilaku terpuji


Kompetensi Dasar : 29.1. Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh.
29.2. Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh.
29.3. Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh.

Indikator : o menjelaskan pengertian adil
o menjelaskan pengertian ridha
o menjelaskan pengertian amal shaleh
o Menampilkan contoh perilaku adil
o Menampilkan contoh perilaku ridha
o Menampilkan contoh perilaku amal shaleh
o Menunjukkan perkilaku adil
o Menunjukkan perilaku ridha
o Menunjukkan perilaku amal shaleh


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat
1. menjelaskan pengertian adil
2. menjelaskan pengertian ridha
3. menjelaskan pengertian amal shaleh
4. Menampilkan contoh perilaku adil
5. Menampilkan contoh perilaku ridha
6. Menampilkan contoh perilaku amal shaleh
7. Menunjukkan perkilaku adil
8. Menunjukkan perilaku ridha
9. Menunjukkan perilaku amal shaleh

II. MATERI POKOK
Adil, ridha dan amal shaleh.
Pengertian adil, ridha dan amal shaleh.
Contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh.
Pembiasaan perilaku adil, ridha dan amal shaleh.

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban


































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik

Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5

Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.30

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.30

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Ketentuan Hukum Pernikahan dalam Islam
- Rukun Nikah
- Muhrim
- Kewajiban suami isteri
- Talak
- Rujuk
- Hikmah perkawinan
- Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 30. Memahami ketentuan hukum Islam tentang hukum keluarga

Kompetensi Dasar : 30.1. Menjelaskan ketentuan hukum tentang perkawinan
30.2. Menjelaskan hikmah perkawinan
30.3. Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.

Indikator : o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak
o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang rujuk
o Menjelaskan hikmah nikah
o Menjelaskan hikmah talak
o Menjelaskan hikmah rujuk
o Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundangan tentang perkawinan di Indonesia
o Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharap siswa dapat :
1. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
2. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak
3. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang rujuk
4. Menjelaskan hikmah nikah
5. Menjelaskan hikmah talak
6. Menjelaskan hikmah rujuk
7. Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundangan tentang perkawinan di Indonesia
8. Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.

II. MATERI POKOK
Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam
- Rukun Nikah
- Muhrim
- Kewajiban suami isteri
- Talak
- Rujuk
Hikmah perkawinan
Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan
C.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1








60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban












































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5

Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.31

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 5
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.31

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Perkembangan Islam di Indonesia
1. Contoh perkembangan Islam di Indonesia
2. Hikmah perkembangan Islam di Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 31. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

Kompetensi Dasar : 31.1. Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
31.2. Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
31.3. Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

Indikator : o menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
o menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
o menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
o menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
o mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia
o menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
2. menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
3. menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
4. menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
5. mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia
6. menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia

II. MATERI POKOK
Perkembangan Islam di Indonesia
Contoh perkembangan Islam di Indonesia
Hikmah perkembangan Islam di Indonesia

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1




60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban







































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.32

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.32

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. QS. Yunus 101
2. QS. Al Baqoroh 164
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 32. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK

Kompetensi Dasar : 32.1. Membaca QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
32.2. Menjelaskan arti QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
32.3. Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.

Indikator : o membaca QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164. dengan baik & benar
o mengidentifikasi tajwid QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
o mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
o mengartikan ayat QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
o menterjemahkan QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
o menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.
o Menerapkan QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164 ttg pengembangan IPTEK.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
1. membaca QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164. dengan baik & benar
2. mengidentifikasi tajwid QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
3. mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
4. mengartikan ayat QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
5. menterjemahkan QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164.
6. menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.
7. Menerapkan QS. Yunus ayat 101, dan QS. Al-Baqoroh ayat 164 ttg pengembangan IPTEK.

II. MATERI POKOK
- QS. Yunus ayat 101, dan
- QS. Al-Baqoroh ayat 164.

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1

60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban






































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.33

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.33

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. Iman Kepada Qodho dan Qodar
2. Hikmah beriman kepada qodho dan qodar
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 33. meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar

Kompetensi Dasar : 33.1. Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
33.2. Menerapkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar

Indikator : o Menjelaskan pengertian iman kepada qadha
o Menjelaskan pengertian iman kepada qadar
o Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
o Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
o Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian iman kepada qadha
2. Menjelaskan pengertian iman kepada qadar
3. Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
4. Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
5. Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari

II. MATERI POKOK
Iman kepada qadha dan qadar
Hikmah beriman kepada qadha dan qadar

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1










60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban






















C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.34

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.34

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Persatuan dan Kerukunan
- Pengertian dan maksud persatuan
- Pengertian dan maksud kerukunan
- Contoh perilaku persatuan
- Contoh perilaku kerukunan
- Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 34. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar : 34.1. Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
34.2. Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
34.3. Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator : o menjelaskan pengertian dan maksud persatuan
o menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
o menunjukkan contoh perilaku yang bermjuatan persatuan
o menunjukkan contoh perilaku yang bermjuatan kerukunan
o Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari
o Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharap siswa dapat :
1. menjelaskan pengertian dan maksud persatuan
2. menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
3. menunjukkan contoh perilaku yang bermjuatan persatuan
4. menunjukkan contoh perilaku yang bermjuatan kerukunan
5. Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari
6. Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan

II. MATERI POKOK
Persatuan dan kerukunan
Pengertian dan maksud persatuan
Pengertian dan maksud kerukunan
Contoh perilaku persatuan
Contoh perilaku kerukunan
Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.


15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban









































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4

Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.35

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.35

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : 1. Pengertian Isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
2. Contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
3. Menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 35. Menghindari perilaku tercela

Kompetensi Dasar : 35.1. Menjelaskan pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
35.2. Menjelaskan contoh isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
35.3. Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah

Indikator : o Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
o Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
o Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
o Menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
2. Siswa dapat menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
3. Siswa dapat menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
4. Siswa dapat menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah

II. MATERI POKOK
SIKAP TERCELA
A. ISYROF
i. Pengertian
ii. Isyrof dalam keseharian
iii. Cara Menghindari
B. TABZIR
1. Pengertian
2. Macam-macam tabzir
C. GHIBAH
1. Pengertian
2. Ghibah dalam kehidupan
3. Cara Menghindari
D. FITNAH
1. Pengertian
2. Cara Menghindari

III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan
o CBSA

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
- Motivasi : Mengetahui arti dan contoh-contoh dari sifat-sifat isyrof, tabzir, fitnah dan ghibah kita dapat mengidentifikasi dan dapat menghindarinya.
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- Menyimak penjelasan guru tentang pengertian dan contoh-contoh isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
- Tanya jawab tentang isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
- Merumuskan pengertian dan contoh-contoh isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah.
- Membuat laporan individu (tugas).
60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : akibat isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah. Tentang cara menghindari perilaku tersebut.
- Motivasi : Mengetahui akibat dan cara menghindari perbuatan tersebut dapat lebih hati-hai dan dapat menghindarinya dalam kehidupan.
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- Menyimak penjelasan guru tentang contoh-contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
- Menjabarkan cara-cara menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah.
- Membuat laporan penjabaran tentang cara menghindari isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah.fs
60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’

V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII

VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban

Kognitif














4
1.. Jelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
2. Jelaskan contoh-contoh perbuatan isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
3. Jelaskan akibat-akibat dari perbuatan isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
4. Bagaimana cara menghindari perbuatan isrof, tabzir, ghibah dan fitnah

Sedang

Sedang

Sedang

Sedang
1. Isyrof adalah
Tabzir adalah
Ghibah adalah
Fitnah adalah

2. Contoh perbuatan isyrof
Contoh perbuatan tabzir
Contoh perbuatan ghibah
Contoh perbuatan fitnah

3. Akibat perbuatan isyrof
Akibat perbuatan tabzir
Akibat perbuatan ghibah
Akibat perbuatan fitnah
4. Cara menghindari perbuatan isyrof
Cara menghindari perbuatan tabzir
Cara menghindari perbuatan ghibah
Cara menghindari perbuatan finah


C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 5 V V V
2 5 V V V
3 5 V V V
4 5 V V V


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :
No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir
1
2
3
4
5
6

Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10/2 = 10
2

Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik

Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5
Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,


Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.36

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.36

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Ketentuan Hukum Waris
- Syarat-syarat pembagian waris
- Ketentuan ahli waris
- Hal-hal yang membatalkan hak waris
 Contoh pelaksanaan hokum waris
 Contoh penghitungan warisan
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 36. Memahami ketentuan hokum Islam tentang waris

Kompetensi Dasar : 36.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan hokum waris
36.2. Menjelaskan contoh pelaksanaan hokum waris

Indikator : o menjelaskan ketentuan hokum waris
o menjelaskan tentang ahli waris
o menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris
o Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris.
o Memperagakan cara-cara menghitung pembagian waris secara Islam.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. menjelaskan ketentuan hokum waris
2. menjelaskan tentang ahli waris
3. menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris
4. Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris.
5. Memperagakan cara-cara menghitung pembagian waris secara Islam.

II. MATERI POKOK
Ketentuan hukum waris
- Syarat-syarat pembagian waris
- Ketentuan ahli waris
- Hal-hal yang membatalkan hak waris
Contoh pelaksanaan hokum waris
Contoh penghitungan warisan


III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.



15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII
VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban


































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

No.37

























DISUSUN OLEH :

NAMA : Imam Subarkah, S.Pd.I
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII / 6
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010







SMA ISLAM AL KAHFI SOMALANGU

Komplek Doktren Al Kahfi PO BOX 32 Telp (0287) 3871026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NO.37

Nama Sekolah : SMA Islam Al Kahfi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Materi : Perkembangan islam di Dunia
1. Contoh perkembangan Islam Dunia
2. Hikmah perkembangan Islam di Dunia
Kelas / Semester : XII / 6
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 37. Memahami perkembangan Islam di dunia

Kompetensi Dasar : 37.1. Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
37.2. Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
37.3. Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia

Indikator : o menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di dunia
o mengidentifikasi manfaat yang dapat di ambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
o Menyebutkan contoh perkembangan Islam di dunia
o memberi contoh perkembangan Islam di dunia
o mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia
o menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di dunia
2. mengidentifikasi manfaat yang dapat di ambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
3. Menyebutkan contoh perkembangan Islam di dunia
4. memberi contoh perkembangan Islam di dunia
5. mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia
6. menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

II. MATERI POKOK
Perkembangan Islam di dunia
Contoh perkembangan Islam di dunia
Hikmah perkembangan Islam di dunia


III. METODE PEMBELAJARAN
b. Ceramah
c. Diskusi
d. Presentasi
e. Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Nomor Tujuan Rincian Kegiatan Waktu
( menit )
PERTAMA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1




60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KEDUA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’
KETIGA A. Kegiatan Awal
- Memeriksa kesiapan siswa,
- Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang :
- Motivasi :
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan.
15’
B. Kegiatan Inti
- 1







60’
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa
15’


V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas XII


VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi

B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator Jumlah Butir-butir soal Tingkat kesulitan Kunci Jawaban


































C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor Bobot Prosedur Penilaian Metoda Penilaian Teknik Perbaikan / Remidial
Kognitif Apektif Psikomotor Tulis Praktik Pengamatan Tulis Praktik Wawancara
1 V V V
2 V V V
3
4
5


Lampiran :

Lembar Penilaian Kognitif :

No. Nama Jumlah Nilai Nilai Akhir






Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10


Lembar Penilaian Apektif :

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
Score
1
2
3
4
5

Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik


Lembar Penilaian Psikomotor

No. Nama Aspek Penilaian Jumlah Nilai
a b c d e Score
1
2
3
4
5


Kebumen, Juli 2009
Diketahui oleh : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Imam Subarkah, S.Pd.I Imam Subarkah, S.Pd.I

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda