Sabtu, 18 September 2010

RPP Kemuhammadiyahan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Pertama)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi pendidikan Kemuhammadiyahan

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan pengertian pendidikan Kemuhammadiyahan
2. Menjelaskan tujuan pendidikan Kemuhammadiyahan

D. Materi Pokok :
Pendidikan Kemuhamamdiyahan

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Pendekatan
1. Ketrampilan proses
2. Konsep
3. PAKEM

G. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

H. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test

I. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis


J. Penilaian :
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil belajar

K. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b. Tugas individu



Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : II (Kedua)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi pendidikan Kemuhammadiyahan

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan ruang lingkup pendidikan Kemuhammadiyahan
2. Mengimplementasikan janji pelajar Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari

D. Materi Pokok :
Pendidikan Kemuhammadiyahan

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
b. Test tertulis essay
b. Tugas individu / kelompok




Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : III (Ketiga)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi pendidikan Kemuhammadiyahan

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menunjukkan sikap dan perilaku yag mencerminkan tuga dan kewajiban pelajar Muhammadiyah
2. Memberikan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari sesuai amanat janji pelajar Muhammadiyah

D. Materi Pokok :
Pengertian Pendidikan Kemuhammadiyahan

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok




Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Pertama)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan menganalisis perkambangan dunia Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan perkembangan dan masa kejayaan Islam
2. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan umat Islam pada abad pertengahan

D. Materi Pokok :
Perkembangan Dunia Islam

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : II (Kedua)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan menganalisis perkambangan dunia Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengetahui dan mengikuti kemajuan Islam pada abad pertengahan

D. Materi Pokok :
Perkembangan Dunia Islam

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
4. ceramah
5. Diskusi
6. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Pertama)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan dan menganalisis kebangkitan dunia Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan perintis pembaharuan dunia Islam

D. Materi Pokok :
Kebangkitan Dunia Islam

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok




Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : II (Kedua)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan menganalisis perkambangan dunia Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan perkembangan kebangkitan dunia Islam diberbagai negara

D. Materi Pokok :
Kebangkitan Dunia Islam

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok




Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : III (Ketiga)

A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan menganalisis perkambangan dunia Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan dan menguraikan tokoh-tokoh pembaharuan Islam yag mempengaruhi pola pikir KHA.
Dahlan

D. Materi Pokok :
Kebangkitan Dunia Islam

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok




Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Satu)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan gerakan

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Mendiskripsikan pengertian Muhammadiyah
2. Menjelaskan latar belakang berdirinya Muhammadiyah
3. Menjelaskan maksud dan tjuan Muhammadiyah
4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap manfaat yang dapat diambil dari gerakan Muhammadiyah

D. Materi Pokok :
Gerakan Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru membentuk 5 kelompok diskusi
c. Guru memberi materi kepada masing-masing kelompok
d. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok






Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Satu)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan gerakan

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan pengertian organisasi Muhammadiyah
2. Menjelaskan hukumdan perintah berorganisasi menurut Al Qur’an dan al Hadits
3. Menunukkan sikap dan perilaku ikut aktif untuk berorganisasi

D. Materi Pokok :
Organisasi Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru memberi pertanyaan secara bergantian kepada Siswa
c. Kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok






Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Satu)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan latar belakang perkembangan Muhammadiyah
2. Mengidentifikasi perkembangan Muhammadiyah secara vertikal

D. Materi Pokok :
Perkembangan Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru membentuk 5 kelompok diskusi
c. Guru memberikan materi kepada masing-masing kelompok
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok






Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : II (Kedua)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi perkembangan Muhammadiyah secara horisontal

D. Materi Pokok :
Perkembangan Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru memberikan pertanyaan saling bergantian kepada siswa
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok






Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : I (Pertama)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskrisipkan organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menyebutkan organisasi otonom yang ada di Muhammadiyah
2. Menjelaskan sejarah dan perkembangan organisasi otonom Muhammadiyah

D. Materi Pokok :
Organisasi otonom Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru memberikan pertanyaan saling bergantian kepada siswa
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : II (Kedua)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskrisipkan organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan peranan ortom di Muhammadiyah dan di masyarakat
2. Menjelaskan macam-macam majelis sebagai pembantu pimpinan Muhammadiyah

D. Materi Pokok :
Organisasi otonom Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru memberikan pertanyaan saling bergantian kepada siswa
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : III (Ketiga)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskrisipkan organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan fungsi dan tugas majelis serta lembaga

D. Materi Pokok :
Organisasi otonom Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru memberikan pertanyaan saling bergantian kepada siswa
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : IV (Keempat)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskrisipkan organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Menunjukkan sikap untuk ikut berperan aktif dalam organisasi Muhammadiyah sesuai situasi dan kondisinya

D. Materi Pokok :
Organisasi otonom Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru memberikan pertanyaan saling bergantian kepada siswa
d. kesimpulan
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
1. Penilaian proses
2. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP.)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas / Program : X
Pertemuan ke : V (Kelima)


A. Standar Komptensi :
Mendeskripsikan perkembangan organisasi Muhammadiyah dan mengambil hikmahnya, serta ikut aktif beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi dan mendeskrisipkan organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah

C. Tujuan Pembelajaran :
1. Melihat langsung keberadaan ortom dan majelis di daerah dan mengambil manfaatnya dalam kehidupan

D. Materi Pokok :
Organisasi otonom Muhammadiyah

E. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

F. Metode
1. ceramah
2. Diskusi
3. Studi pustaka

G. Langkah-Langkah
1. Kegiatan awal (10’)
a. Salam
b. Absensi siswa
c. Apersepsi dan motivasi
2. Kegiatan inti (60’)
a. Guru menyajikan materi yang akan dicapai
b. Guru menyampaikan materi yang akan dicapai
c. Guru membentuk kelompok
d. Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok
3. Penutup (20’)
Post test lisan

H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Panduan Kemuhammadiyahan, Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Papan Tulis dan kapur tulis

I. Penilaian :
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil belajar


J. Alat Penilaian
a. Test tertulis essay
b.Tugas individu / kelompok





Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah Gombong




(SAJIDAN) Kebumen, 200

Guru Mata Pelajaran





(FAKHRUDIN MUBAROK, SP..)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda